Selasa, 26 Juli 2011

Chemistry-our life our future

Chemistry-our life our future

Pada dasarnya alam semesta beserta isinya yang telah diciptakan semata-mata untuk makhluk-Nya mempunyai hukum-hukum yang berlaku bagi seluruh alam dan isinya. Hukum tersebut kerap diistilahkan sebagai “hukum alam” (Laws of Nature), hukum ini bersifat pasti (exact), sehingga dapat dipahami dan dipelajari agar makhluk didunia ini mampu bertahan di dalamnya.
Segala sesuatu di dunia ini tidak terjadi spontan begitu saja, semua dapat dirumuskan dengan akal pikiran manusia sebagai makhluk yang tercipta secara sempurna. Kekuatan pemikiran manusia begitu luar biasa. Bumi dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dapat diolah sedemikian rupa sehingga dapat bermanfaat bagi kehidupan umat manusia sendiri.
Ilmu kimia merupakan central of science. Segala cabang ilmu yang muncul dan berkembang di dunia ini selalu bertopang pada ilmu kimia. Ilmu kimia menjadi sebuah dunia yang mempunyai peran vital bagi kehidupan umat manusia di muka bumi. Hampir seluruh produk hasil rekayasa teknik kimia baik secara sederhana maupun kompleks. Ilmu kimia merupakan ilmu tentang materi dan perubahannya. Kebutuhan pokok yang kita gunakan seperti halnya kain, merupakan hasil polimerasi baik secara alami maupun sintesis dari monomer-monomer senyawa kimia tertentu dalam sekala besar. kemajuan ilmu kimia memiliki peran penting dan merupakan kebutuhan mendasar dalam membangun kemandirian bangsa.
Topik panas saat ini seperti halnya isu pemanasan global, pencemaran udara, air dan tanah telah memicu pengembangan "green chemistry" yang berorientasi pada proses dan penggunaan bahan yang ramah lingkungan. Konsep pengelolaan lingkungan telah bergeser dari perlindungan lingkungan terhadap limbah menjadi usaha rekayasa proses produksi yang tidak menghasilkan limbah. Sehubungan dengan hal itu, di masa datang selayaknya industri penjamin kemandirian bangsa adalah industri nasional berbasis riset yang menggunakan bahan baku lokal disertai dengan sistem manajemen sumber daya alam yang baik dan teknologi nasional hasil karya anak bangsa. Eksplorasi dan inovasi sumber daya lokal diharapkan dapat menggantikan bahan dasar impor sehingga memperkuat daya saing bangsa dalam membangun kemandirian bangsa. Dengan tersedianya bahan dasar industri diharapkan tidak hanya memperkuat industri yang ada dan mendorong kemunculan industri baru di dalam negara kita .
Tidak seharusnya masyarakat hanya dapat mencela tanpa ada rasa menghargai hasil karya bangsanya. Masyarakat telah memiliki doktrin “tanpa adanya produk luar negeri,masyarakat indonesia menjadi masyarakat yang terbelakang”. Hal ini lah yang membuat masyarakat hanya berfikir secara subjektif tanpa tahu menahu kebenaran. Manusia harus berani mendobrak dan menguburkan seluruh doktrin, dogma dan paradigma yang telah merugikan dirinya sendiri, karena paradigma atau keyakinan manusia sangat berpengaruh terhadap kinerja dalam diri manusia untuk “melakukan, mendapatkan, memiliki dan menjadi”.
Perlu diketahui, Penulisan artikel ini semata-mata untuk membuka seluruh cakra diri manusia, yang selama ini telah menjadi pintu gerbang tertutupnya seluruh rahasia kehidupan bumi, dimana seluruh telinga tidak dapat mendengar, seluruh mata tidak dapat melihat, seluruh rasio tidak dapat berfikir secara objektif dan seluruh rasa tidak dapat merasakan bahwa bumi alam semesta raya ini adalah taman kehidupan surga, yakni surga milik kita.
Artinya bahwa kita semua manusia, memiliki tanggung jawab yang sama atas jiwa raga diri dan jiwa raga bumi ini, karena diri dan bumi yang kita cintai ini telah diamanatkan pengaturan, pengendalian, pengelolaan dan kelestariannya kepada manusia. Hendaknya manusia menyadari bahwa terdapat kesempurnaan sistem energi yang berfungsi sebagai pusat sistem pengaturan dan pengendalian inovasi bumi alam semesta raya ini.
Dimana rasa syukur manusia, jika tidak bisa melihat, mendengar dan merasakan bahwa hamparan bumi yang maha luas ini adalah taman kehidupan surga, sehingga manusia pun masih mengharapkan kehidupan surganya di tempat yang lain? Sehingga manusia pun menggantungkan doa dan harapan kehidupan surganya di langit, dengan senantiasa menengadahkan wajah dan tangannya ke langit. Sungguh sangat kerdil sekali jiwa manusia yang sudah diberi kesempurnaan wujud dan gerak rasa, rasio dan raganya dalam kesempurnaan sistem energi di dalam dirinya, tapi manusia masih merengek dan menghiba untuk kehidupan surganya.
Langkah utama penggunaan akal pikiran dalam mengatur energi bumi di alam semesta raya ini, dimulai dari setiap diri dengan mengendalikan energi alam yang menjadi situasi dan kondisi permasalahan diri .. Jika manusia larut dalam rasa negatifnya maka neraka kehidupan lah yang didapatkan, namun jika manusia mampu menggunakan rasio akal pikirannya untuk berfikir positif, maka manusia pun tidak akan jatuh dalam neraka kehidupan ini.
Sesungguhnya manusia adalah penentu atas Derajat Kedudukan Manusia, yang sesungguhnya telah ditentukan berdasarkan Tugas & Peran Kehidupan Sejati yang dibawanya sejak manusia diturunkan di bumi ini, agar manusia menjadi kholifah atas dirinya dan kholifah atas bumi ini. Karena sesungguhnya manusia adalah wujud dan gerak tuhan yang maha sempurna dibandingkan dengan mahluk lainnya (binatang, tumbuhan, air, api, tanah, angin, awan dan cahaya yang ada di langit).

nb:meskipun kurang menarik semoga bermanfaat :)

1 komentar:

  1. Las Vegas - Casino, Events & Facts - DrMCD
    The Wynn Las Vegas has 2,750 천안 출장안마 slot machines, including 여수 출장샵 over 나주 출장안마 200 김포 출장샵 table games. The property has 751 slot 양산 출장마사지 machines, including 16 table games including Hold'em,

    BalasHapus